Welcome To My Blog

(: come join me :)

Minggu, 27 April 2014

MENINGKATKAN MINAT MEMBACA DENGAN VISUAL NOVEL

Diposting oleh sherra adianty's di 09.33
Sekarang ini minat membaca terutama pada kalangan pelajar sangat menurun, itu dikarenakan media cetak seperti buku dan majalah dapat menimbulkan kejenuhan. TEMPO.CO, Jakarta pada kamis, 12 Januari 2012 minat baca masyarakat Indonesia masih sangat rendah. Menurut Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat H.R Agung Laksono, prosentase minat baca masyarakat Indonesia hanya sebesar 0,01 persen. Artinya dalam 10.000 orang hanya 1 orang saja yang memiliki minat baca. Apalagi membaca tentang sejarah atau biografi para penemu, pada saat membaca hanya melihat tulisan dan  gambar yang hanya pada bagian tertentu saja.
Hal tersebut mengakibatkan kurangnya pengetahuan terutama pada kalangan pelajar mengenal para tokoh yang telah berjasa menciptakan sesuatu yang dapat berguna hingga saat ini. Padahal dengan membaca sejarah atau biografi para penemu akan mendapat informasi dan motivasi bagi para pelajar sebagai generasi penerus. Sudah seharusnya sebagai bentuk penghargaan atas jasanya para penemu di kenal. Lain halnya jika di tawari untuk  bermain game pasti lebih tertarik. Sedangkan game yang ada kebanyakan hanya sebagai media hiburan. Metode untuk mengembalikan minat membaca biografi terutama untuk kalangan pelajar bisa dengan berbagai macam hal. Hamalik dalam Azhar Arsyad(2007:15) mengemukakan bahwa pemakaian media pembelajaran dalam proses pembelajaran dapat membangkitkan keinginan dan minat yang baru, membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar, dan membawa pengaruh-pengaruh psikologis terhadap siswa.

Salah satunya bisa dengan menggabungkan antara sebuah cerita menggunakan audio visual dengan diselingi permainan teka-teki edukatif. Jadi seperti aplikasi visual novel interaktif. Dengan visual novel penggunanya akan diajak bercerita dengan teks yang di sediakan dalam kotak dialog. Terdapat permainan untuk menebak nama para penemu guna mengasah pengetahuan. Dalam aplikasi ini juga terdapat background dan  backsound. Bahasa yang digunakan dalam teks adalah bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Sherra Adianty's Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | web hosting