Sekarang ini minat membaca terutama pada kalangan
pelajar sangat menurun, itu dikarenakan media cetak seperti buku dan majalah
dapat menimbulkan kejenuhan. TEMPO.CO, Jakarta
pada kamis, 12 Januari 2012 minat
baca masyarakat Indonesia masih sangat rendah. Menurut Menteri Koordinator
Bidang Kesejahteraan Rakyat H.R Agung Laksono, prosentase minat baca masyarakat
Indonesia hanya sebesar 0,01 persen. Artinya dalam 10.000 orang hanya 1 orang
saja yang memiliki minat baca. Apalagi membaca tentang sejarah atau biografi para penemu, pada saat
membaca hanya melihat tulisan dan gambar
yang hanya pada bagian tertentu saja.
Hal tersebut mengakibatkan kurangnya pengetahuan
terutama pada kalangan pelajar mengenal para tokoh yang telah berjasa
menciptakan sesuatu yang dapat berguna hingga saat ini. Padahal dengan membaca
sejarah atau biografi para penemu akan mendapat informasi dan motivasi bagi
para pelajar sebagai generasi penerus. Sudah seharusnya sebagai bentuk
penghargaan atas jasanya para penemu di kenal. Lain halnya jika di tawari
untuk bermain game pasti lebih tertarik.
Sedangkan game yang ada kebanyakan hanya sebagai media hiburan. Metode untuk mengembalikan minat membaca biografi
terutama untuk kalangan pelajar bisa dengan berbagai macam hal. Hamalik dalam
Azhar Arsyad(2007:15) mengemukakan bahwa pemakaian media pembelajaran dalam
proses pembelajaran dapat membangkitkan keinginan dan minat yang baru,
membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar, dan membawa pengaruh-pengaruh
psikologis terhadap siswa.
Salah satunya bisa dengan menggabungkan antara sebuah cerita menggunakan audio
visual dengan diselingi permainan teka-teki edukatif. Jadi seperti aplikasi
visual novel interaktif. Dengan visual novel penggunanya
akan diajak bercerita dengan teks yang di sediakan dalam kotak dialog. Terdapat
permainan untuk menebak nama para penemu guna mengasah pengetahuan. Dalam
aplikasi ini juga terdapat background
dan backsound.
Bahasa
yang digunakan dalam teks adalah bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.
0 komentar:
Posting Komentar