Welcome To My Blog

(: come join me :)

Selasa, 06 Desember 2011

INDIVIDU, KELUARGA DAN MASYARAKAT

Diposting oleh sherra adianty's di 17.54
Tempat pertama kali seseorang bersosialisasi dan membetuk kepribadian yaitu dalam keluarga. Setiap orang pasti menginginkan sebuah keluarga yang ideal. Sebuah keluarga ideal yaitu keluarga yang terdiri dari ayah,ibu dan anak, dimana setiap individunya menjalin komunikasi yang baik, saling menyangi, dan menghormati.
Peranan keluarga ideal menggambarkan seperangkat perilaku antar pribadi, sifat, kegiatan yang berhubungan dengan pribadi dalam posisi dan situasi tertentu. Peranan pribadi dalam keluarga ideal didasari oleh harapan dan pola perilaku dari keluarga, kelompok dan masyarakat. Berbagai peranan yang terdapat di dalam keluarga ideal adalah sebagai berikut :
Ayah sebagai suami dari istri dan anak-anak, berperan sebagai pencari nafkah, pendidik, pelindung dan pemberi rasa aman, sebagai kepala keluarga, sebagai anggota dari kelompok sosialnya serta sebagai anggota dari kelompok sosialnya serta sebagai anggota masyarakat dari lingkungannya. Sebagai istri dan ibu dari anak-anaknya, ibu mempunyai peranan untuk mengurus rumah tangga, sebagai pengasuh dan pendidik anak-anaknya, pelindung dan sebagai salah satu kelompok dari peranan sosialnya serta sebagai anggota masyarakat dari lingkungannya, disamping itu juga ibu dapat berperan sebagai pencari nafkah tambahan dalam keluarganya.Anak-anak melaksanakan peranan psikosial sesuai dengan tingkat perkembangannya baik fisik, mental, sosial, dan spiritual.

Peran yang paling penting  terutama peran ayah dan ibu sebagai orang tua. Sebagai orang tua harus menciptakan suasana yang harmonis di hadapan anak-anaknya, agar membentuk kepribadian yang baik dan dapat bersosialisasi dengan masyarakat.Jika seseorang dapat bersosialisasi dengan baik maka akan di terima oleh masyarakat. Manusia di ciptakan sebagai makhluk social jadi harus bisa menjalin sosialisasi yang baik dengan masyarakat.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Sherra Adianty's Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | web hosting