Welcome To My Blog

(: come join me :)

Selasa, 06 Desember 2011

PEMUDA DAN SOSIALISASI

Diposting oleh sherra adianty's di 17.22
Organisasi Kepemudaan adalah Karang Taruna. Karang Taruna merupakan wadah pengembangan generasi muda nonpartisan, yang tumbuh atas dasar kesadaran dan rasa tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat khususnya generasi muda di wilayah Desa / Kelurahan atau komunitas sosial sederajat, yang terutama bergerak dibidang kesejahteraan sosial. Sebagai organisasi sosial kepemudaan Karang Taruna merupakan wadah pembinaan dan pengembangan serta pemberdayaan dalam upaya mengembangkan kegiatan ekonomis produktif dengan pendayagunaan semua potensi yang tersedia dilingkungan baik sumber daya manusia maupun sumber daya alam yang telah ada.
Pada umumnya suatu organisasi karang taruna memiliki kegiatan berupa event-event olahraga, membersihkan ataupun memelihara di sekitar lingkungan tempat tinggalnya, dan mengadakan ataupun ikut serta pada acara-acara kepemudaan, dll. Akan tetapi pada era sekarang eranya zaman teknologi canggih ini suatu organisasi kepemudaan seperti karang taruna ini sudah mengalami penurunan. Banyak hal penyebabnya yang mengakibatkan kegiatan  karang taruna ini kurang diminati akan tetapi inti dari masalah penyebabnya diantaranya adalah kurangnya perhatian pemerintah, padatnya waktu untuk pendidikan dalam hal ini sekolah dan kursus-kursus yang lain, kurangnya perhatian para pejabat-pejabat lingkungannya dan juga kurangnya perhatian orang tua.

Oleh sebab itu kita semua dari berbagai elemen dan pihak  harus berkejasama dan membangun dan memelihara suatu organisasi kepemudaan karang taruna. Pemerintah tentu juga harus memberikan perhatian lebih dari sebelumnya dengan membuat program atau kebijakan yang lebih pro kepada genarasi muda. Karena dengan menghidupkan suatu organisasi- organisasi kepemudaan seperti karang taruna maka itu akan menghindarkan para generasi muda pada hal-hal  yang menjurus negatif seperti narkoba, seks, pornografi, kriminal, dll. Dan dampak positifnya adalah mempererat tali persaudaraan sehingga akhirnya menjauhi tindakan-tindakan seperti tauran ataupun perilaku kekerasan lainnya. Kemudian kalau itu semua bisa dilakukan maka akan berdampak pula pada negara dengan munculnya generasi- generasi pemuda yang berpengalaman, berkualitas, berkompeten, yang akan memajukan bangsa dan negara ini.


Sumber : http://mediaamirulindonesia.blogspot.com/2011/10/pentingnya-organisasi-kepemudaan.html

0 komentar:

Posting Komentar

 

Sherra Adianty's Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | web hosting