Welcome To My Blog

(: come join me :)

Rabu, 22 Januari 2014

STOP MENYEBARKAN BERITA “HOAX”

Diposting oleh sherra adianty's di 06.38
Kata “Hoax” sekarang ini sudah umum sekali digunakan dalam berbicara sehari-hari. Kata “hoax” atau yang berarti bisa dikatakan tidak sesuai dengan faktanya atau palsu. Pada saat ini banyak sekali orang yang bermaksud mencari sensasi dengan menyebarkan berita “hoax” atau palsu. Berita hoax yang beredar beraneka ragam, mulai dari kabar meninggalnya artis, kabar akan terjadinya bencana alam, beredarnya foto-foto adanya benda asing yang turun kebumi dan lain-lain yang cukup menghebohkan. Dan banyak orang juga yang percaya dengan berita hoax itu.

Jika sudah terpublikasi dan banyak yang percaya dengan berita hoax, cukup sulit untuk mengklarifikasi kebenaran. Setelah begitu kemungkinan akan terjadi perselisihan, kekecewaan, kepanikan dan lain sebaginya. Pelakunya tidak memikirkan dampak buruk yang akan terjadi. Seperti sekarang ini beberapa kota di Indonesia mengalami banjir yang disebabkan berbagai hal. Dengan terjadinya musibah seperti ini sempat beredar kabar bahwa bendungan air seperti Katulampa dan Jatiluhur akan dibuka sehingga akan terjadi banjir yang cukup parah. Setelah diusut ternyata kabar tersebut adalah hoax atau palsu. Dapat dibayangkan pasti banyak warga terutama yang sudah kebanjiran panik dan cemas mendengar berita tersebut.


Mulailah menghilangkan kabar yang belum pasti kebenarannya, gunakan fasilitas yang ada untuk berbagi informasi yang jelas. Sehingga tidak membuat hal buruk terjadi. Membagi informasi yang menambah wawasan agar terbentuknya generasi berpendidikan. 

0 komentar:

Posting Komentar

 

Sherra Adianty's Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | web hosting