Welcome To My Blog

(: come join me :)

Kamis, 29 Maret 2012

DASAR-DASAR PEMPROSESAN KOMPUTER DAN ARSITEKTUR KOMPUTER

Diposting oleh sherra adianty's di 07.24
A.    DASAR PEMROSESAN KOMPUTER

a.      Unit Input
Unit input adalah media bagi data dari luar untuk memasuki komputer

1.      Keyboard
Memasukkan data dengan cara menekan tombol- tombol yang tepat, mirip mesin ketik yang sebagian besar dilengkapi dengan tombol tambahan.

2.      Alat Penunjuk
Mouse, suatu alat kecil dan ringan yangg memiliki suatu bola kecil dibawahnya dan memiliki 1, 2 atau 3 tombol di atasnya dihubungkan ke komputer dengan suatu kabel halus.

Trackball, suatu alat penunjuk dimana menggerakkan kursor dengan cara memutar bola tanpa memindahkan seluruh alat tsb.

Touch screen, memasukkan data, instruksi hanya dengan menyentuh satu lokasi dilayar dengan menggunakan jari atau objek tidak transparan lain.

Light pen, untuk menunjuk pada layar.
Unit remote control.

3.      Alat Pembaca Optis
Membaca data dengan menyinari suatu sinar terang diatas data photoelectric disebelah unit pembaca optis (scanner).

4.      Alat pembaca magnetis
Alat ini hanya dapat membaca huruf-huruf yang ditulis pada kertas yang dibuat dengan tinta magnetis. Dapat membaca tulisan manusia maupun tulisan mesin. Alat ini banyak digunakan untuk mengecek dokumen-dokumen berharga agar sukar dipalsukan. 

5.      Berbicara Pada Komputer
·                  Pengenal suara jenis speaker independent system dimana proses pengenalannyan didasarkan pada bagaimana kita berbicara dari pada apa yang dikatakan.

·                  Teknik inipun mampu mengenal pemakai yang berbicara dalam bahasa apapun.


B.      ARSITEKTUR KOMPUTER

ØCentral Processing Unit (CPU) mengendalikan semua unit sistem
komputer dan mengubah input menjadi output.

ØUnit pengendalian (control unit) membuat semua unit bekerja
sama sebagai suatu sistem.

Ø Penyimpanan primer biasanya mengacu pada random access memory (RAM) dan penyimpanan sekunder menyediakan tempat untuk menyimpan
program dan data saat tidak digunakan
Ø Arithmetic and logic unit (ALU) merupakan
tempat berlangsungnya operasi perhitungan logika serta
mengolah isi penyimpanan primer
b.      Perangkat Lunak
Perangkat lunak adalah istilah umum untuk data yang diformat dan disimpan secara digital, termasuk  program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca dan ditulis oleh komputer. Dengan kata lain, bagian sistem komputer yang tidak berwujud. Istilah ini menonjolkan perbedaan dengan perangkat keras komputer
Ø    Perangkat Lunak Sistem (System Software)

Perangkat  lunak  ini  terdiri  dari  Sistem  operasi  (Operating  System) misalnya  DOS  (Disc Operating  System), Windows 95/98/ME, Windows NT/2000, Windows XP, Windows Vista, UNIX, Linux atau Mac
OS. Perangkat lunak lainnya adalah aplikasi utilitas (utility application) misalnya aplikasi Antivirus.
Contoh susunan Perangkat Lunak Sistem


Ø    Perangkat Lunak Aplikasi Multimedia

Perangkat  lunak  aplikasi  multimedia  merupakan  aplikasi-aplikasi  yang  dibuat  oleh  personal  atau
organisasi  untuk  user  yang  beroperasi  dalam  bidang-bidang multimedia  spesifik  seperti  grafik  2D,
modeling dan animasi.
c.       Peranan Peralatan I/O Dalam Pemecahan Masalah

·         Peralatan input dan output penting bagi manager terutama dalam
memberikan komunikasi antara manager dengan komputer.

·         Peralatan input, seperti unit MICR dan OCR memberikan cara
untuk memasukkan data kedalam database, baik ketika terjadi
transaksi atau tak lama kemudian.

·         Banyak unit output yang digunakan dalam pemecahan masalah
secara tidak langsung.

·         Manager akan meminta anggota staf untuk mengumpulkan
informasi dari rekaman microfilm dan kemudian menampilkan
ringkasannya dalam bentuk laporan tertulis.




      I.            DATABASE DAN FILE AKSES

a.      Model-model Data

            Data model merupakan sekumpulan konsep untuk menerangkan data, hubungan-hubungan antara data, dan batasan-batasan yang terintegrasi di dalam suatu organisasai. Tujuan model data yaitu menyajikan data agar mudah di modifikasi.
Model data dapat dibagi empat kategori :
1.      Model data berbasis objek (Object-Based Data Model)
Menggunakan konsep entitas, atribut, dan hubungan antar entitas.
Ada tiga macam jenis model data berbasis objek yaitu :
a.    Entity Relationship Model (ER Model), penyajikan data dengan menggunakan entity dan relationship.
b.Semantik Model, penyajian data menggunakan kata-kata yang mengandung arti.
c.    Binary Model, model data yang memperluas definisi dari entity, bukan hanya atribute-atributenya, tetapi juga tindakan-tindakannya.

2. Model data berbasis record (Record-Based Data Model)
   Terdapat tiga macam jenis model data berbasis record, yaitu:
a.      Relational Model, data-data disajikan dalam bentuk table (baris dan kolom).
b.      Hierarchical Model, data-data disajikan dengan bentuk pohon (tree) dan mempunyai root dan beberapa subtree.
c.        Network Model, data-data disajikan dalam bentuk jaringan.

3. Model data fisik (Physical-Based Data Model)
    Menggambarkan data ditingkat internal; penyimpanan data secara detailnya dengan   format record penyusunan record dan jalur akses.

4.Model data konseptual
Menyediakan konsep yang sesuai dengan persepsi pemakai yang memandang datanya.

b.     Database Hierarkis
Pada database Hierarkis, field atau record diatur dalam kelompok-kelompok yang berhubungan, menyerupai diagram pohon, dengan record child (level lebih rendah) berada di bawah record parent (level yang lebih tinggi).
Database hierarkis merupakan model tertua dan paling sederhana dari kelima model database. Dalam model database ini mengakses atau mengupdate data bisa berlangsung sangat cepat karena hubungan-hubungan sudah ditentukan. Tetapi, karena struktur harus didefinisikan lebih dahulu, maka hal ini cukup riskan. Lagipula menambahkan field baru ke sebuah record database membuat semua database harus didefinisikan kembali. Karena itulah diperlukan model database yang baru untuk menunjukkan masalah pengulangan data dan hubungan data yang kompleks.
 contoh database hirarki


c.      Jenis-jenis  File
File dalam pemrosesan aplikasi dapat dikategorikan ke dalam beberapa jenis. Tergantung dari kegunaannya, antara lain :
Ø  File Induk ( File Master )
Didalam aplikasi, file ini merupakan file penting karena berisi record-record
yang sangat diperlukan dalam organisasi. File ini akan tetap ada selama sistem berjalan.

Ø  File Transaksi ( Transaction File )
File transaksi sering disebut juga dengan input file, yang digunakan untuk merekam data
hasil transaksi yang terjadi.
Ø  File Laporan ( Report File )
Disebut juga dengan ouput file, berisi informasi yang akan ditampilkan. Isi dari file ini
biasanya diambil dari field di satu atau lebih master file untuk mempersiapkan pembuatan laporan.
Ø  File Sejarah ( History File )
Merupakan file yang berisi data masa lalu yang sudah tidak aktif lagi, tetapi masih
disimpan sebagai arsip.
Ø  File Pelindung ( Backup File )
Merupakan salinan dari file-file yang masih aktif didalam database pada suatu saat
tertentu, digunakan sebagai pelindung/cadangan bila file database yang aktif mengalami kerusakan

d.    Model data fisik  Physical Data Model
Digunakan untuk menguraikan data pada internal level atau menjelaskan kepada
pemakai(user) tentang bagaimana data-data dalam basis data disimpan didalam media
penyimpanan yang digunakan secara fisik. Model ini lebih berorientasi kepada mesin.
Beberapa model yang umum digunakan :

Unifying model

Frame memory


Physical Data Model merupakan konsumsi computer specialist yang mencakup
detil penyimpanan data di komputer.Pada konsep ini data direpresentasi dalam
bentuk record format, record ordering, dan access path.

Access path: adalah suatu struktur pencarian, pencarian record dalam database
diharapkan bisa efisien.

Sumber :
staffsite.gunadarma.ac.id/srini/index
harsiti09.files.wordpress.com/2009/10/ii-konsep-basis-data

0 komentar:

Posting Komentar

 

Sherra Adianty's Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | web hosting