Welcome To My Blog

(: come join me :)

Rabu, 07 Maret 2012

MANUSIA DAN KEBUDAYAAN

Diposting oleh sherra adianty's di 06.19
Manusia diciptakan Tuhan untuk menjalankan kehidupan di muka bumi ini. Manusia dapat dikatakan makhluk sosial yang sempurna karena pada hakekatnya manusia sangat dipengaruhi oleh lingkungan turutama lingkungan sosial, bahkan ia tidak bisa berkembang sesuai dengan martabat kemanusaannya tanpa hidup di dalam lingkungan sosial, manusia juga memiliki tenaga yang dapat menggerakan tubuhnya dan memiliki pola pikir rasional yang akan  bertanggung jawab atas tingkah laku intelektual dan sosial, sehingga manusia itu dapat mengontrol dirinya untuk melakukan hal positif. Unsur yang membangun manusia di muka bumi ini pada dasarnya yaitu unsur jasamani dan rohani. Sudah kita ketahui sebelumnya bahwa unsur jasmani yang berhubungan langsung dengan fisik dan unsur rohani yang berhubungan dengan jiwa dan hati manusia.
Kebudayaan adalah berawal dari sebuah kegiatan yang sering dilakukan manusia atau sebuah kebiasaan untuk melangsungkan ataupun melengkapi kebutuhan hidupnya yang kemudian menjadi sesuatu yang melekat dan menjadi ciri khas dari pada manusia. Manusialah yang menciptakan dan melestarikan kebudayaan. Baik yang mereka dapat dari nenek moyang mereka ataupun kebudayaan baru yang tumbuh seiring dengan berjalannya waktu. Sistem religi, bahasa, pola pikir, organisasi sosial, IPTEK, mata pencaharian, dan kesenian itu adalah unsur-unsur kebudayaan.  Kebudayaan akan mengalami perubahan  bila sebuah kebudayaan melakukan kontak dengan kebudayaan asing.  Perubahan itu terjadi sesuai dengan hakikat dan sifat dasar manusia yang selalu ingin mengadakan perubahan. Perubahan budaya juga dapat timbul akibat timbulnya perubahan lingkungan masyarakat, penemuan baru, dan kontak dengan kebudayaan lain.
Manusia dan kebudayaan mempunyai hubungan yang erat antara satu sama lainnya. Seperti yang sudah di bahas sebelumnya, bahwa manusia menciptakan kebudayaan yang bermula dari sebuah kebiasaan yang kemudian melekat dan menjadi ciri khas, dan setelah kebudayaan itu tercipta maka kebudayaan mengatur hidup manusia agar sesuai dengannya. Kebudayaan yang digunakan manusia dalam menyelesaikan masalah-masalahnya , yang digunakan individu sebagai pedoman dalam bertingkah laku.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Sherra Adianty's Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | web hosting