Welcome To My Blog

(: come join me :)

Kamis, 15 Maret 2012

KONSEPSI ILMU BUDAYA DASAR DALAM KESUSASTRAAN

Diposting oleh sherra adianty's di 03.05
Konsepsi Ilmu Budaya dasar dalam kesusastraan dapat dihubungkan dengan sastra, seni, prosa, puisi. Sastra dan seni sangat erat sekali hubungannya dengan ilmu budaya dasar, karena materi – materi yang diulas oleh ilmu budaya dasar termasuk materi yang berkaitan dengan sastra dan seni itu sendiri. Puisi termasuk seni sastra, sedangkan satra bagian dari kesenian, dan kesenian adalah cabang unsur kebudayaan. 
Pengertian Sastra itu adalah hasil budaya yang dapat diartikan sebagai upaya manusia untuk mengungkapkan gagasannya melalui bahasa yang lahir dari perasaan dan pikirannya. Sastra  merupakan kata serapan dari bahasa Sanskerta sastra, yang berarti "teks yang mengandung instruksi" atau "pedoman", dari kata dasar sas- yang berarti "instruksi" atau "ajaran". Dalam bahasa Indonesia kata ini biasa digunakan untuk merujuk kepada "kesusastraan" atau sebuah jenis tulisan yang memiliki arti atau keindahan tertentu. seni adalah proses dan produk dari memilih medium, dan suatu set peraturan untuk penggunaan medium itu, dan suatu set nilai-nilai yang menentukan apa yang pantas dikirimkan dengan ekspresi lewat medium itu, untuk menyampaikan baik kepercayaan, gagasan, sensasi, atau perasaan dengan cara seefektif mungkin untuk medium itu.
Prosa adalah suatu jenis tulisan yang dibedakan dengan yang memilik irama lebih banyak, serta bahasanya yang lebih sesuai dengan arti leksikalnya. Prosa dibagi dalam dua bagian,yaitu prosa lama dan prosa baru,prosa lama adalah prosa bahasa indonesia yang belum terpengaruhi budaya barat,dan prosa baru ialah prosa yang dikarang bebas tanpa aturan apa pun. Adapun jenis-jenis prosa yaitu diantaranya Prosa naratif, prosa deskriptif, prosa eksposisi, prosa argumentative. Selain prosa, ada juga puisi dipakai sebagai media sekaligus sebagai sumber belajar sesuai dengan tema-tema atau pokok bahasa yang terdapat di dalam ilmu budaya dasar.  Alasan yang mendasari penyajian puisi dalam Ilmu Budaya Dasar yaitu Hubungan puisi dengan pengalaman hidup manusia.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Sherra Adianty's Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | web hosting