Welcome To My Blog

(: come join me :)

Rabu, 20 Maret 2013

INTERPRENEURSHIP

Diposting oleh sherra adianty's di 10.09

Pada hari Minggu,17 Maret 2013 diSMESCO CONVENTION HALL Jakarta Selatan diselenggarakan acara seminar yang cukup besar, karena diikuti oleh kurang lebih 4000 peserta khusus para pelajar dan mahasiswa termasuk saya. Tema yang diangkat pada seminar yaitu “INTERPRENEURSHIP” dengan dua orang narasumber yang sudah menjadi pengusaha hebat Joko Widodo(Gubernur DKI Jakarta) dan Chairul Tanjung(Si Anak Singkong). Yang menarik dari seminar tersebut yaitu dari kedua narasumbernya benar-benar memulai usaha dari nol dengan keaadan ekonomi yang seadanya, sehingga dapat berbagi pengalaman dari mulai susah payah, mengalami segala macam kendala sampai Berjaya saat ini.
          Joko Widodo yang dikenal sebagai seorang Gubernur DKI Jakarta saat ini, ternyata beliau adalah seorang pengusaha furniture. Beliau sebelum terjun dalam birokrasi sudah mulai merintis usaha furniture, dari mulai membuat sendiri dan akhirnya sekarang sudah mempunyai karyawan.
Menurutnya ada beberapa kiat sukses kewirausahaan :

  •                       Inovatif dan kreatif.
  •          Mampu melihat & menangkap peluang
  •                       Motivasi tinggi
  •                      Focus
  •         Berani mengambil resiko
  •         Kemampuan bekerjasama & berkomunikasi
Dan dikarenakan beliau telah terjun dalam dunia birokrasi, beliau menjelaskan bahwa kewirausahaan dalam dunia birokrasi :

  •         Bersifat inovatif
  •         Efektif, efisien, orientasi hasil
  •         Berani mengambil resiko
Lalu ada istilahnya Blusukan, blusukan itu sebagai terobosan kebijakan. Manfaatnya dapat terciptanya kepercayaan dari masyarakat terhadap pemimpinnya, sehingga memudahkan program pemerintah dapat berjalan.
Chairul Tanjung atau yang lebih dikenal “Si Anak Singkong” karena judul bukunya. Sudah diketahui beliau termasuk salah satu pengusaha hebat dengan ribuan karyawan. Sekilas tentang dirinya, beliau seorang dokter gigi lulusan Universitas Indonesia. Namun, titlenya sebagai dokter tidak digunakan. Beliau lebih tertarik menjadi seorang pengusaha. Transcorp dengan ribuan karyawan itu salah satu bukti usaha dari seorang Chairul Tanjung.
Tak kalah dengan Joko Widodo, Chairul Tanjung mengemukakan point-point penting menjadi orang sukses :
·        Kita  harus yakin bahwa sukses adalah milik semua orang.
·        Mulailah dari sesuatu yang bisa dikuasai dan yang bisa dipegang untuk membawa kita berhasil
·        Lakukan segala sesuatu dengan sebaik-baiknya.
·        Hal yang paling penting yaitu harus optimis
Kesimpulan yang dapat diambil adalah bahwa untuk menjadi seorang yang hebat khususnya menjadi pengusaha itu cukup mudah, yang penting kita selalu menanamkan prilaku positif pada diri kita. Jika kita gagal ditengah jalan kita harus bisa bangkit kembali hingga kata gagal itu sudah tidak mau lagi mendekati kita. Ingat setiap orang yang mau berusaha pasti ada jalan. ”jika seseorang pernah mendapatkan 10000 pertama dari hasil keringatnya, dia pasti akan mudah mendapatkan 100000 yang kedua karena dia sudah tahu dan memahami caranya”(Chairul Tanjung)

0 komentar:

Posting Komentar

 

Sherra Adianty's Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | web hosting