Welcome To My Blog

(: come join me :)

Rabu, 20 Maret 2013

ISLAMIC BUSINESS ETHIC

Diposting oleh sherra adianty's di 10.08

Pada tanggal 14 Maret 2013 saya mengikuti seminar yang diselenggarakan oleh Sharia Economic Forum dengan tema “Islamic Business Ethic” tepatnya di Universitas Gunadarma, kampus D Margonda. Narasumbernya yaitu Prof. Dr. Veithzal Rivai dan Prof. Dr. Muhamad, MAG. Dalam postingan saya kali ini saya akan berbagai sedikit ilmu dari yang telah saya dapatkan setelah mengikuti seminar tersebut.
Narasumber yang pertama Prof. Dr. Veithzal Rivai, beliau menyampaikan etika bisnis dalam islam. Etika adalah bagian dari filsafat yang membahas secara rasional dan kritis tentang nilai, norma atau moralitas atau bisa dikatakan sebagai akhlak. Prinsip – prinsip dalam etika bisnis :
·        Prinsip otonomi
·        Prinsip kejujuran
·        Prinsip keadilan
·        Prinsip saling menguntungkan
·        Prinsip integritas moral
Tujuan bisnis islam yaitu fallah(bahagia dunia-akhirat), hayyah thayibah(baik dan terhormat), mashlaha al ibad(kesejahteraan hakiki). Hal yang harus diingat tidak boleh beraktifitas perbankan kecuali faham fiqh muamalah, tidak boleh beraktifitas asuransi kecuali faham fiqh muamalah, tidak boleh beraktifitas pasar modal kecuali faham fiqh muamalah, tidak boleh beraktifitas koperasi kecuali faham fiqh muamalah, tidak boleh beraktifitas pegadaian kecuali faham fiqh muamalah, tidak boleh beraktifitas reksadana kecuali faham fiqh muamalah, tidak boleh beraktifitas bisnis MLM kecuali faham fiqh muamalah, tidak boleh beraktifitas jual beli kecuali faham fiqh muamalah. Dalam konteks ini Allah berfirman “dan kepada penduduk Madyan, Kami utus saudara mereka, Syu,aib. Ia berkata, “Hai Kaumku sembahlah Allah, sekali – kali tiada Tuhan bagimu selain Dia. Dan Janganlah kamu kurangi takaran dan timbangan. Sesungguhnya aku melihat kamu dalam keadaan yang baik. Sesungguhnya aku khawatir terhadapmu akan azab hari yang membinasakan(kiamat).
          Narasumber kedua Prof. Dr. Muhamad, MAG, beliau menyampaikan prinsip – prinsip bisnis dilihat dari dampakya yaitu maksimalisasi laba, agresivitas, individualitas, semangat persaingan, manajemen konflik. Indicator kegagalan ekonomi konvensional salah satunya industry perbankan konvensional semakin menjauhi sector riil dan hanya bermain dengan resioko. Dorongan Al-Qur’an untuk berbisnis “sesungguhnya Allah membeli dari orang – orang mukmin harta dan jiwa mereka dan sebagai imbalannya mereka memperoleh syurga. Siapakah yang lebih menepati janjinya(selain) Allah maka bergembiralah dengan jual beli yang kamu lakukan itu. Itulah kemenangan yang besar (qs. At-Taubah[9]:111).

0 komentar:

Posting Komentar

 

Sherra Adianty's Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | web hosting