Welcome To My Blog

(: come join me :)

Selasa, 23 April 2013

Analisis Pendapatan Nasional Untuk Perekonomian Tertutup Sederhana dan Pertumbuhan Ekonomi (RESUME)

Diposting oleh sherra adianty's di 13.26

Perekonomian tertutup sederhana merupakan perekonomian yang tidak adanya hubungan dengan Negara lain dan tidak adanya campur tangan pemerintah, baik berupa pungutan pajak, pembayaran transfer pemerintah ataupun yang berbentuk pengeluaran konsumsi.Pertumbuhan ekonomi adalah proses dimana terjadi kenaikan pendapatan nasional. Pendapatan Nasional dengan Perekonomian Tertutup Sederhana Dua Sektor merupakan penjumlahan dari lima hal , yaitu :
a. Upah atau gaji yang diterima buruh atau karyawan
b. Pendapatan dari seseorang yang melakukan bisnis individu (bukan perusahaan)
c. Keuntungan perusahaan
d. Pendapatan bunga selisih dari perusahaan
e. Pendapatan sewa
Inflasi adalah suatu proses meningkatnya harga-harga secara umum dan terus-menerus.
Ada tiga jenis inflasi yaitu :
1)      inflasi tarikan permintaan (demand-pull inflation)
2)      inflasi desakan biaya (cost-push inflation)
3)      inflasi karena pengaruh impor (imported inflation).
Contoh kasus dalam pembahasan materi ini rumah makan ayam bakar Pak Mono, beliau dulunya seorang koki di KFC. Beliau memutuskan untuk keluar dari pekerjaannya lalu membuka usaha ayam bakar yang semula hanya menggunakan grobak sehingga tidak membayar pajak. Karena usahanya laku bukalah rumah makan dan beliau harus membayar pajak sewa tempat. Kasus tersebut bisa dikatakan  Pendapatan  dengan Perekonomian Tertutup Sederhana.
Dari penjelasan kelompok 5 tentang “Analisis Pendapatan Nasional Untuk Perekonomian Tertutup Sederhana dan Pertumbuhan Ekonomi” muncul pertanyaan :
Multi level marketing(MLM)  termasuk kategori apa? Bagaimana dengan pembayaran pajaknya?
MLM itu hanya sekedar teknik pemasaran tidak termasuk kategori dalam pembahasan ini dan tidak ada hubungannya dengan pajak. Setiap yang membuka usaha pasti berkewajiban membayar pajak, jadi pajak yang dibayar oleh MLM itu pajak yang memang wajib dibayar.
Apa kaitannya pengangguran dengan inflasi?
Seperti kita ketahui pengertian Inflasi adalah suatu proses meningkatnya harga-harga secara umum dan terus-menerus. Jika suatu perusahaan terjadi inflasi maka akan berkurangnya konsumen. Berkurangnya konsumen itu akan menyebabkan kebangkrutan pada perusahaan dan memungkinkan tutupnya usaha tersebut maka terjadilah pemecatan karyawan menjadi pengangguran.
Bagaimana caranya menekan inflasi?
Pemerintah membuat kebijakan fiskal. Mengurangi jumlah uang yang beredar, menyararankan masyarakat jangan terlalu banyak bebelanja namun perbanyak menabung untuk meningkatkan bunga. Sehingga uang yang kita tabung dapat disalurkan dana untuk yang konsumtif.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Sherra Adianty's Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | web hosting