Welcome To My Blog

(: come join me :)

Selasa, 09 April 2013

Perilaku Konsumen (resume)

Diposting oleh sherra adianty's di 11.37


Perilaku konsumen adalah seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, serta pengguaan produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan. Ada faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen :
1.    faktor budaya
Contohnya : budaya orang Indonesia terutama yang hidup diperkotaan selalu ingin yang instant. Maka tak heran sekarang ini banyak produk-produk terutama elektronik yang membuat pekerjaan rumah menjadi lebih menghemat waktu dan tenaga.
2.    Faktor sosial
Contohnya : banyak para remaja-remaja yang berkelompok(gank) dalam satu kelompok itu sebagiannya terbiasa hidup glamour atau trendy. Otomatis sangat mempengaruhi kehidupan teman satu kelompoknya yang lain untuk mensederajatkan apa yang mereka punya.
3.    Faktor pribadi
Contohnya : jika ada produk baru selalu ingin membelinya untuk kepuasan pribadi.
4.    Faktor psikolog
Contohnya : adanya dorongan yang kuat dari luar/dalam diri kita untuk mendapatkan sesuatu yang diinginkan atau lebih ke gaya hidup masyarakat sekarang yang selalu ingin tampil oke
Dari penjelasan kelompok 2 tentang “Perilaku Konsumen” muncul pertanyaan :
          Kenapa faktor budaya paling utama dari pada faktor yang lain? Karena faktor budayalah yang lebih mempengaruhi masyarakat Indonesia. Contoh lainnya yaitu masyarakat Indonesia sudah terbiasa mandi minimal 2xsehari sebelum dan sesudah beraktivitas, namun diluar negeri mereka hanya 1xsehari sesudah beraktivitas. Diluar negeri karena terbiasa seperti itu dikeluarkan sebuah produk untuk berkumur agar mulut fresh pada pagi hari, produk itu sangat laku dipasaran. Ketika produk tersebut dicoba ditawarkan di Indonesia, sangat mengejutkan barang itu kurang diminati oleh konsumen. Kembali lagi karena masyarakat Indonesia terbiasa untuk mandi.
          Konsumen dapat diukur dengan satuan ukur seperti berat, panjang dan uang. Maksudnya bagaimana dan berikan contohnya! Maksudnya yaitu sebuah keputusan untuk mengkonsumsi suatu barang berdasarkan perbandingan antara manfaaat yang diperoleh dengan biaya yang harus dikeluarkan. Contohnya : konsumen membeli sebuah handphone sebelum membeli, dia mencari tahu tenteng handphone itu. Lalu selanjutnya menyiapkan anggaran untuk membeli dan mendapatkan kepuasan maksimal tersendiri.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Sherra Adianty's Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | web hosting