Dapat
dilihat dari hukum permintaan adalah apabila harga naik maka jumlah barang yang
diminta akan mengalami penurunan, dan apabila harga turun maka jumlah barang
yang diminta akan mengalami kenaikan. Begitu pula sebaliknya pada hukum
penawaran bila tingkat harga mengalami kenaikan maka jumlah barang yang
ditawarkan akan naik, dan bila tingkat harga turun maka jumlah barang yang
ditawarkan turun. Jadi dengan kata lain produsen sangat bergantung dengan tingkat
permintaan dari konsumen dan hal ini membuat konsumen berlomba-lomba untuk
memperoleh penawaran yang setinggi-tingginya. Dari situlah dapat dilihat bagaimana
permintaan dan penawaran bersama-sama menentukan harga serta bagaimana sistem
harga itu secara keseluruhan memungkinkan sistem perekonomian bereaksi terhadap
perubahan permintaan dan perubahan penawaran. Dari penjelasan kelompok 1
mengenai “Penentuan Harga Permintaan dan Penawaran” ada munculnya
pertanyaan-pertanyaan sebagai berikut :
Sebuah perusahaan
handphone mengeluarkan produk terbarunya, ketika launching barang sangat
diminati konsumen. Tetapi tidak lama kemudian barang yang dibeli konsumen
mengalami kerusakan dan komplenan yang lainnya. Bagaimana cara produsen
menangani hal tersebut? Sebenarnya kepuasan konsumen itu hal yang paling utama
dalam penentuan permintaan, jika konsumen kecewa itu sangat mempengaruhi
terhadap penjualan. Jadi dalam hal ini perlu adanya penyempurna penjualan
contohnya seperti mengadakan service gratis secara keseluruhan untuk tipe
handphone terbaru itu atau memberlakukan garansi dengan jangka waktu yang
panjang.
Bagaimana cara
meningkatkan daya jual misalnya untuk buah local? Untuk strategi ini kembali
lagi kepada pemerintah departemen pertanian. Seharusnya pemerintah lebih
memperhatikan petani-petani local agar dapat meningkatkan kualitas hasil
panennya. Sehingga untuk mendapatkan kecukupan vitamin dari buah-buahan,
penduduk Indonesia tidak perlu membeli buah produksi dari luar negeri.
Perusahaan memproduksi
barang, tetapi ketika dipasarkan kurang menarik konsumennya. Bagaimana cara
agar perusahaan tidak mengalami kerugian? Produsen menganalisa apa yang paling
diminati oleh konsumen, setelah mengetahui hal tersebut membuat barang yang
dibutuhkan konsumen dan tidak lagi memproduksi barang yang tidak laku lagi. Barang
yang sudah terlanjur diproduksi namun kurang peminatnya, produsen menggunakan
strategi dagang seperti member diskon,promosi beli 1 gratis 1 dll. Sehingga mengurangi
tingkat kerugiannya.
0 komentar:
Posting Komentar