Welcome To My Blog

(: come join me :)

Selasa, 09 April 2013

Penentuan Harga Permintaan dan Penawaran (resume)

Diposting oleh sherra adianty's di 11.36

Dapat dilihat dari hukum permintaan adalah apabila harga naik maka jumlah barang yang diminta akan mengalami penurunan, dan apabila harga turun maka jumlah barang yang diminta akan mengalami kenaikan. Begitu pula sebaliknya pada hukum penawaran bila tingkat harga mengalami kenaikan maka jumlah barang yang ditawarkan akan naik, dan bila tingkat harga turun maka jumlah barang yang ditawarkan turun. Jadi dengan kata lain produsen sangat bergantung dengan tingkat permintaan dari konsumen dan hal ini membuat konsumen berlomba-lomba untuk memperoleh penawaran yang setinggi-tingginya.  Dari situlah dapat dilihat bagaimana permintaan dan penawaran bersama-sama menentukan harga serta bagaimana sistem harga itu secara keseluruhan memungkinkan sistem perekonomian bereaksi terhadap perubahan permintaan dan perubahan penawaran. Dari penjelasan kelompok 1 mengenai “Penentuan Harga Permintaan dan Penawaran” ada munculnya pertanyaan-pertanyaan sebagai berikut :

Sebuah perusahaan handphone mengeluarkan produk terbarunya, ketika launching barang sangat diminati konsumen. Tetapi tidak lama kemudian barang yang dibeli konsumen mengalami kerusakan dan komplenan yang lainnya. Bagaimana cara produsen menangani hal tersebut? Sebenarnya kepuasan konsumen itu hal yang paling utama dalam penentuan permintaan, jika konsumen kecewa itu sangat mempengaruhi terhadap penjualan. Jadi dalam hal ini perlu adanya penyempurna penjualan contohnya seperti mengadakan service gratis secara keseluruhan untuk tipe handphone terbaru itu atau memberlakukan garansi dengan jangka waktu yang panjang.
Bagaimana cara meningkatkan daya jual misalnya untuk buah local? Untuk strategi ini kembali lagi kepada pemerintah departemen pertanian. Seharusnya pemerintah lebih memperhatikan petani-petani local agar dapat meningkatkan kualitas hasil panennya. Sehingga untuk mendapatkan kecukupan vitamin dari buah-buahan, penduduk Indonesia tidak perlu membeli buah produksi dari luar negeri.
Perusahaan memproduksi barang, tetapi ketika dipasarkan kurang menarik konsumennya. Bagaimana cara agar perusahaan tidak mengalami kerugian? Produsen menganalisa apa yang paling diminati oleh konsumen, setelah mengetahui hal tersebut membuat barang yang dibutuhkan konsumen dan tidak lagi memproduksi barang yang tidak laku lagi. Barang yang sudah terlanjur diproduksi namun kurang peminatnya, produsen menggunakan strategi dagang seperti member diskon,promosi beli 1 gratis 1 dll. Sehingga mengurangi tingkat kerugiannya.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Sherra Adianty's Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | web hosting