Welcome To My Blog

(: come join me :)

Rabu, 17 April 2013

PERILAKU PRODUSEN (RESUME)

Diposting oleh sherra adianty's di 08.43
Perilaku produsen adalah kegiatan pengaturan produksi sehingga produk yang dihasilkan bermutu tinggi dan bisa diterima di masyarakat. Produsen terdapat 2 jenis, yaitu produsen yang baik dan produsen tidak baik. Maksudnya produsen yang baik itu produsen yang menggunakan bahan baku bermutu tinggi untuk kepuasan pelanggan, produsen yang tidak baik dimana memproduksi dengan bahan-bahan yang tidak bahaya dan mereka tidak memikirkan dampaknya terhadap konsumen. Contoh kasusnya, pedagang gula-gula pelanggannya mayoritas anak-anak yang biasanya lebih tertarik pada warna-warna, pedagang itu dengan enaknya mengganti pewarna makanan dengan pewarna tekstil agar lebih pekat warnanya.
Ada 4 hal agar produsen berhasil :
·         Perencanaan
·         Pengorganisasian
·         Pengarahan
·         Pengendalian

Dari penjelasan kelompok 3 tentang “Perilaku Produsen” muncul pertanyaan :
Apakah suatu perusahaan akan berhasil jika tidak memenuhi 4 elemen?
Tidak akan bisa, karena 4 elemen itu hal paling utama agar produsen berhasil.
Bagaimana cara meminimalkan biaya produksi tetapi keuntungan maksimal?
Menyambung pertanyaan sebelumnya, sebagai produsen harus memahami 4 hal yaitu perencanaan,pengorganisasian,pengarahan,pengendalian. Sebelum produsen memproduksi harus punya perencanaan apa yang sedang dibutuhkan konsumen, lalu pengorganisasian membagi tugas produksi. Masing-masing diberi pengarahan agar tidak terjadi kesalahan dan yang terakhir pengendalian barang produksi sebelum dipasarkan.
Faktor apa yang membuat produsen berbuat curang dalam produksi, misalnya kemarin sempat terjadi isu bahwa dalam susu bayi terdapat bakteri padahal susu bayi yang dijual dipasaran branded terpercaya?
Faktor yang paling utama adalah perilaku produsen yang ingin merauk keuntungan lebih tanpa memikirkan dampaknya terhadap konsumen. Kurangnya pengendalian barang yang akan dipasarkan.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Sherra Adianty's Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | web hosting