Welcome To My Blog

(: come join me :)

Selasa, 23 April 2013

SUKA DAN DUKA DALAM BISNIS ONLINE

Diposting oleh sherra adianty's di 14.44

Pada postingan saya dengan judul “BERPENGHASILAN DARI SEBUAH GADGET” disitu saya sudah menjelaskan awal mula berbisnis online. Ya karena dari namanya saja sudah online jadi komunikasi didunia maya antara penjual dan pembeli. Semua hal didunia ini pasti ada suka dan dukanya apalagi bagi seorang pembisnis pasti mengalaminya. Kali ini saya akan membahas suka dan duka menjadi pembisnis online yang dialami oleh diri saya sendiri.
 Pertama saya mulai dari segi dukanya, yaitu :
     a.   Masalah sinyal. Iklan yang menjanjikan tak ada hambatan dalam koneksi internet itu seperti tak berarti apapun. Pada kenyataannya mau segala macam provider pasti sewaktu-waktu akan mengalami gangguan jaringan. Tidak semua lokasi mempunyai kecepatan jaringan yang sama dan itu sangat menghambat bagi saya jika saya sedang berada dilokasi yang minim jaringan.

     b. Kriminalitas. Kejahatan dalam bisnis online tidak hanya dilakukan oleh penjual, namun ada juga pembeli yang tidak bertanggung jawab. Misalnya sudah membooked sejumlah barang tetapi tidak jadi diambil. Mau tidak mau penjual harus berpikir agar barang tersebut tetap terjual, salah satunya member diskon bagi yang minat atau bahkan jika sudah lama tak kunjung laku banting harga maksimal seharga modal. 
     
     c.Masalah pengiriman barang. Karena sekarang sedang maraknya bisnis online itu membuat sejumlah jasa pengiriman mengalami overload barang, sehingga terjadinya keterlambatan sampainya barang. 

     d. Retur barang. Terkadang jika sedang banyak orderan penjual kurang memperhatikan barang yang akan dikirim. Ketika sampai dipembeli, pembeli menemukan titik kecacatan barang tersebut mau tidak mau barang minta diretur. 

     e. Transaksi. Bisnis online transaksi dilakukan secara transfer, karena saya pemula jadi saya hanya mempunyai satu rekening. Sedangkan pelanggan saya belum tentu menggunakan rekening dari bank yang sama atau yang bekerja sama dengan rekening bank yang saya punya. Hal tersebut dapat membatalkan untuk membeli.

Setelah membahas duka yang intinya bisnis online penuh resiko, sekarang saya bahas dari segi suka yang saya rasakan : 

a. Cenderung ke arah sosialisasi. Namanya berbisnis tidak harus dilakukan dengan orang yang kita kenal. Dengan orang yang tidak dikenalpun bisa, yang saya rasakan dari  awal tidak kenal karena pembeli sering mengorder jadi pelanggan. 

b. Dipercaya banyak orang. Ya seperti yang sudah saya bahas di pertama, dengan orang yang tidak dikenalpun bisa, yang saya rasakan dari  awal tidak kenal karena pembeli sering mengorder jadi pelanggan. Modalnya kepercayaan antara saya dan pembeli. Sebisa mungkin saya tidak mengecewakan pelanggan saya. 

c. Keuntungan yang didapat. Berbisnis pasti tujan mencari laba, walapun laba yang saya ambil sedikit tapi saya senang kebutuhan saya bisa saya beli sendiri tanpa harus meminta ke orang tua lagi. 

d. Melatih mental. Dengan segala rasa duka yang saya alami dapat melatih mental saya untuk tidak putus asa dan bersabar.

     e. Merubah pola pikir. Karena banyak pesaing saya diluar sana, itu menuntut saya untuk terus merubah pola pikir saya agar lebih gesit dalam melihat kesempatan. 

     f. Mengefisienkan waktu dan tenaga. Saya adalah mahasiswi kuliah pagi, karena ini online jadi saya tidak perlu repot mencajaga lapak jualan saya. Saya hanya tinggal membawa gadget saya, jadi tidak menyita waktu saya untuk belajar. 

    g. Menambah wawasan. Namanya penjual saya harus paham betul apa yang diinginkan pembeli.  Hal itu mendorang saya untuk terus mengupdate apa yang sedang trend dengan sering mengupdate hal baru jadi menambah wawasan saya dan jika mengirim barang menambah pengetahuan saya tentang lokasi.

     Dari duka yang saya alami saya jadikan pelajaran dan meningkatkan kewaspadaan. Sedangkan suka yang saya alami saya jadikan motivasi minimal saya dapat merasakan suka yang telah dialami, maksimalnya saya menambah rasa suka dan mengurangi rasa duka dalam berbisnis online

0 komentar:

Posting Komentar

 

Sherra Adianty's Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | web hosting