Welcome To My Blog

(: come join me :)

Kamis, 09 Mei 2013

APAKAH KOTA KARAWANG MASIH BISA DIBILANG KOTA PADI?

Diposting oleh sherra adianty's di 09.48

Kota Karawang yang terletak di provinsi Jawa Barat terkenal dengan julukan “Kota Padi”. Alasannya dahulu kota Karawang lebih banyak sawah lahan yang tanahnya subur, dilewati oleh aliran air sungai kalimalang dan bendungan jati luhur jadi sangat cocok untuk menanam padi dari pada rumah penduduknya. Pemandangan hijau terbentang luas, seketika menjadi hijau kekuningan pada saat padi mulai siap dipanen. Melihatnya sangat terasa bahwa negeri kita kaya akan kebutuhan pokok masyarakatnya. Memang tidak semua orang mengenal kota Karawang, paling kalau ditanyakan kepada orang banyak lebih mengenal Rengasdengklok atau Cikampek. Padahal Rengasdengklok dan Cikampek itu termasuk wilayah kabupaten Karawang.
Tapi sekarang siapa sih yang tidak tahu kota Karawang? Istilahnya bisa dihitung jari orang yang tidak tahu kota Karawang sekarang ini. Namun yang jadi pertanyaannya, apakah mereka tahu julukan kota Karawang adalah “Kota Padi”? Dari sekian banyak orang yang saya tanyakan termasuk teman-teman saya dikampus. Mereka tidak mengetahuinya, justru yang mereka tahu Karawang itu kota industry dan mempunyai suatu tempat pemakaman elite yaitu Sandiego Hills. Memang benar kenyataannya seperti itu, bagi para pengusaha-pengusaha kota Karawang sebagai sasaran cukup strategis untuk dibangun pabrik yang membutuhkan lahan yang cukup luas. Saya sendiri sebagai penduduk asli Karawang ikut senang dengan adanya pembangunan kawasan industry dan adanya kawasan pemakaman elite. Jadi Karawang semakin dikenal terlebih semakin banyak pula peluang kerja sehingga meningkatkan taraf kehidupan masyarakatnya.
Sawah-sawah tempat lahan menanam padi sekarang ini sebagian telah diratakan oleh tanah. Tujuannya tak lain untuk dilakukan pembangunan pabrik-pabrik, perumahan, mall, hotel, apartemen dan lain-lain. Kini kota Karawang sudah seperti duplikatnya kota Jakarta yang kanan-kiri gedung bertingkat. Apalagi sempat beredar kabar bahwa pelabuhan tanjung priuk dan bandara Soetta akan di alihkan ke Karawang. Jika dilihat secara positif sangat bagus memang dilakukan banyak pembangunan menjadi kota berkembang. Tapi jika dari segi negative akan hilangnya pemandangan yang asri akan berubah menjadi pemandangan yang sumpek dengan adanya gedung dikanan-kiri , mengurangi kekayaan alam yang seharusnya masyarakat makan hasil panen sendiri kini beras hasil panen kota lain atau bahkan dari luar negeri dan adanya para pendatang dengan tujuan mencari kerja hal yang akan menjadi saingan masyarakat Karawang.
Menurut saya pembangunan demi berkembangnya kota Karawang boleh saja, bahkan memang harus dilakukan. Tetapi pembangunannya dengan tata kota yang tertata rapih. Sehingga tidak mengurangi ke asrian kota Karawang, tidak lupa juga banyak tempat-tempat bersejarah yang seharusnya dilestarikan agar menjadi pembelajaran untuk generasi mendatang.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Sherra Adianty's Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | web hosting