Welcome To My Blog

(: come join me :)

Kamis, 09 Mei 2013

TIDAK MUDAH MEMENEJEMEN KEUANGAN SENDIRI

Diposting oleh sherra adianty's di 20.19

Ya anak kostan bagi mereka yang ngekost dituntut harus mandiri dalam berbagi hal. Yang paling sulit pada saat jadi anak kostan memenej keuangan untuk kebutuhan sehari-hari. Biasanya setiap anak kost diberi oleh orang tuanya bekal bulanan, bagi mereka yang belum terbiasa pasti akan sangat sulit mengontrolnya. Terutama jika orang tuanya memberi jatah secukupnya termasuk saya. Dulu jika diberi uang 500ribu terasa sangat besar sekali apalagi jika sampai diberi jutaan rupiah, tapi sekarang uang segitu terasa seperti sedikit . Hal itu yang membuat sulit karena selalu ada perasaan takut tidak cukup dengan bekal pas-pasan namun harga-harga jarang yang murah terutama hidup di Ibu kota Jakarta ini. Belum lagi jika ada biaya-biaya tak terduga kaya misalnya ada kalanya jenuh dengan tugas sehingga butuh refreshing hangout dengan teman.
Kalau sudah begitu sebagai anak kostan benar-benar harus memutar otak agar bagaimana caranya dengan bekal yang seadanya mecukupi kebutuhan selama sebulan. Tidak mungkin jika harus meminta tambahan kepada orang tua, walaupun sebenar kalau saya meminta pasti akan dikasih. Saya tidak mau hal tersebut malah menjadi sebuah kebiasaan. Begitu pula sebaliknya saya berpikir pasti saya juga lama kelamaan bisa mengatur keuangan saya sendiri dan sayapun akan terbiasa. Malah pernah suatu hari orang tua saya mendapat rezeki lebih, mereka member bekal lebih dari biasanya. Saya bukannya senang malah buat saya menambah tanggung jawab saya agar benar-benar menfaatkan uang lebih itu untuk kebutuhan yang nyata. Kunci utamanya harus rajin nabung, jangan terlalu glamour dalam bergaul dan berbaiklah kepada teman-teman. Insya Allah jika kita baik kepada orang lain pasti aka nada saja yang membalasnya.
Dengan menjadi anak kostan yang serba harus mandiri saya lebih sangat teramat menghargai usaha orang tua. Bukan berarti orang tua saya pelit hanya member jatah seadanya ternyata dirasakan oleh saya sendiri bahwa kebutuhan hidup sekarang ini tidak murah. Banyak sekali yang harus diperhitungkan dalam hal masalah biaya. Lagi pula dengan membiasakan saya diberi jatah seadanya secara tidak langsung mereka memndidik saya dalam berbagai hal.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Sherra Adianty's Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | web hosting